Senin, 16 Maret 2009

CMA

Keberadaan populasi Cendawan Mikoriza Arbuskular (CMA)

lahan pertanian cabe (Capsicum annum L.) di Kota Payakumbuh

Oleh: Joni Hendri

Di bawah bimbingan : 1). Zozy Aneloi Noly dan 2). Zuraida Dawair

RINGKASAN

Untuk meningkatkan produksi panen cabe di Payakumbuh berbagai cara dilakukan petani diantaranya pemberian pupuk kimia. Hal tersebut memiliki dampak terganggunya keseimbangan ekosistem, merusak tanah dan membunuh berbagai jenis mahkluk hidup yang sangat diperlukan seperti mikroba. Hal ini tentu akan mengurangi tingkat kesuburan tanah.

Salah satu mikroba yang bermanfaat bagi tumbuhan adalah mikoriza. Mikoriza terdapat pada sistem perakaran yang terbentuk sebagai adanya simbiosis mutualistis antara cendawan (myces) dan perakaran (rhiza) tumbuhan tingkat tinggi. CMA (Cendawan Mikoriza Arbuskular) merupakan endomikoriza, salah satu cendawan simbiotik obligat yang menguntungkan bagi pertumbuhan tanaman karena berperan dalam melarutkan dan penyerapan unsur P oleh tanaman.

Karena hal tersebut dan pentingnya peranan CMA maka dilakukan penelitian dengan judul ’Keberadaan Populasi Cendawan Mikoriza Arbuskular (CMA) pada lahan cabe merah ( Capsicum annum L.) di Kota Payakumbuh’. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Payakumbuh dan Laboratorium Fisiologi Tumbuhan Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Andalas Padang, pada bulan Januari sampai dengan Februari 2008. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitan ini adalah metode survei. Untuk mendapatkan keberadaan populasi CMA di lahan cabe kota Payakumbuh maka parameter yang diamati dalam penelitian ini yaitu Jumlah Spora dan derajat infeksi.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keberadaan populasi CMA pada lahan cabe merah di Kota Payakumbuh adalah jumlah spora CMA rendah 23 – 33 spora dan derajad infeksi 20% - 40% pada lahan cabe yang diberi pupuk buatan. Sedangkan yang lahan cabe tidak diberi pupuk buatan ditemukan 49 – 75 spora dan derajad infeksi 80% - 100%.

Email : biohen76@gmail.com, bioden_jh@yahoo.com,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar